Mengembangkan bisnis dari bawah membutuhkan perhatian lebih banyak dari pada membangun bisnis waralaba. Bukan hanya membangun bisnis yang unik, tapi turut memperkenalkan dan mempromosikan brand Anda ke target pasar.

Berbeda bila mengandalkan sistem waralaba, Anda cukup siapkan modal dan lakukan pekerjaan sesuai permintaan perusahaan waralaba, maka bisnis sudah bisa dijalankan dengan baik.

Beberapa keuntungan yang seperti ini membuat semakin banyak saja pebisnis pemula Indonesia yang lebih memilih melakukan investasi di perusahaan waralaba. Akibatnya, makin menjamur waralaba dan memperketat persaingan.

 

Contoh Perusahaan Waralaba di Indonesia

Supaya bisnis waralaba yang Anda lakoni tetap eksis dan menguntungkan, pilih perusahaan waralaba Indonesia yang sudah terpercayta. Berikut ini rekomendasi waralaba pilihan waranesia:

 

1. J.CO Donuts

Anda yang mengaku penggemar donut mungkin sudah mengenal dengan baik produk yang satu ini. Sayangnya, mayoritas pelanggan mengenal J.CO Donuts sebagai waralaba asing padahal waralaba yang menyajikan donut, kopi dan makanan lainnya ini berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Cara Kerja Franchise

Pendirinya sendiri adalah Johnny Andrean Group pada 2006 lalu. Cabang waralaba J.CO Donuts kini sudah tersebar di mana-mana, bukan hanya di Karawaci saja diawal pengenalannya. Hebatnya lagi, J.CO Donuts juga berhasil mendirikan bisnis di luar negeri termasuk Singapura, Filipina, Tiongkok dan Malaysia.

 

2. CFC

Sebelum membaca profile-nya dengan baik, mungkin banyak yang berpikir jika CFC merupakan waralaba makanan asing. Padahal perusahaan waralaba ini berdiri sejak 1983 di Jakarta di bawah pengelolaan PT Pioneerindo Gourmet International.

Produk utama yang dijual di CFC adalah ayam goreng, spaghetti, mie goreng, ayam merica, nasi goreng dan lainnya. CFC berhasil menjadi saingan terberat KFC di tanah air. Basis penggemarnya sangat besar, tidak heran jika semakin lama makin banyak jumlah gerai waralaba CFC di dalam negeri.

 

3. Bumbu Desa

Berbeda konsep dengan dua perusahaan waralaba sebelumnya, Bumbu Desa menggunakan konsep tradisional. Meskipun demikian, Bumbu Desa mampu bersaing bahkan merambah kancah internasional. Perusahaan waralaba ini berhasil menancapkan taring bisnisnya di Singapura dan Malaysia.

Sebelum sesukses sekarang, Bumbu Desa merupakan restoran khas Sunda yang berdiri tahun 2004 di Bandung. Awalnya Bumbu Desa hanya memiliki dua outlet waralaba di Bandung yang kemudian menyebar di seluruh Indonesia hingga mencapai lebih dari 78 outlet.

 

4. Churros Delicio

Anda yang ingin mencoba bisnis waralaba unik bisa mengunjungi Churros Delicio. Churros bukan kuliner asing di Indonesia, meskipun kuliner ini berasal dari Spanyol. Melihat besarnya minat masyarakat akan kuliner yang satu ini, Cahyo Adhi Wibowo memutuskan untuk mendirikan perusahaan waralaba ini tahun 2015 lalu.

Dan hasilnya, Churros Delicio menjadi sangat populer di tanah air hingga memperoleh basis penggemar yang tidak sedikit. Mayoritas penggemar Churros Delicio adalah anak muda.

 

5. Kebab Baba Rafi

Masih menyajikan kuliner luar, di urutan kedua adalah Kebab Baba Rafi yang mengkhususkan diri untuk menyajikan kebab khas Turki di Indonesia. Bisnis waralaba ini diprakarsai pertama kali oleh Hendy Setiono tahun 2003 lalu.

Hanya menunggu 2 tahun, Kebab Baba Rafi mulai popu dan menjadi perusahaan waralaba terpopuler. Setelah berkembang selama sekian tahun, Kebab Baba Rafi berhasil mendirikan lebih dari 300 outlet di seluruh tanah air.

 

6. AlfaMart

Kami yakin, semua orang yang membaca postingan kali sudah sanga akrab dengan nama perusahaan waralaba satu ini, Alfamart adalah salah satu merek waralaba yang sudah malang melintang di Indonesia, bahkan gerai alfamart bisa dengan mudah kita jumpai.

Jika dikota atau wilayah anda belum ada alfamartnya, waralaba dengan alfamart bisa menjadi salah satu peluang usaha yang kamu coba. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengikuti kerjasama ini seperti WNI, memiliki badan usaha, dan juga harus memiliki dokumen pendukung.

 

7. Martha Tilaar

Pernah dengar nama merek kecantikan bernama Martha Tilaar? Ini juga menjadi salah satu perusahaan franchise yang sukses dibidang kencantikan. Martha Tilaar sendiri merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada kecantikan dan jamu.

Baca Juga: Usaha dibidang Perdagangan Paling Menguntungkan

Banyak pengembangan yang dilakukan oleh Martha Tilaar, salah satunya adalah salon day spa yang menghadirkan layanan kecantikan untuk wanita.