Tren mendirikan usaha sendiri semakin tinggi belakangan ini. Sebelum terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menghidupi mimpi orang, ada baiknya mendirikan perusahaan sendiri sebagai bagian untuk melindungi usaha yang ingin Anda kembangkan.

Organisasi legal ini yang nantinya akan menjadi wadah bagi visi, misi, dan tim kerja yang akan dijalankan nantinya. Sebagai pengusaha pemula, bentuk perusahaan berupa CV merupakan yang paling tepat.

 

Pengertian CV (Comanditaire Venootschap)

CV, yang diambil dari kata Comanditaire Venootschap, merupakan bentuk usaha bersifat persekutuan komanditer dengan skala lebih kecil dibandingkan PT. Karena sifatnya inilah maka syarat maupun biaya yang dibutuhkan dalam membuat CV lebih sedikit dibandingkan PT.

Sedangkan keuntungan yang didapatkan tetap maksimal sesuai dengan kebutuhan Anda. Setidaknya ada banyak keuntungan yang akan kamu nikmati ketika sudah memiliki usaha yang legal, sah dimata hukum. Perlindungan dari pemerintah pasti juga akan maksimal.

 

Syarat Mendirikan CV

Sebagai permulaan, berikut merupakan syarat yang harus dipenuhi dalam membuat CV.

  1. Akta notaris pendirian CV. Didapatkan dengan fotokopi pendiri CV.
  1. Surat keterangan domisili perusahaan. Surat ini bisa didapatkan di kelurahan setempat dengan bukti surat kepemilikan lokasi usaha dan fotokopi PBB terakhir.
  1. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Permohonan ini diajukan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat.
  1. Surat Pengukuhan-Pengusaha Kena Pajak (SP-PKP). Dokumen ini bisa didapatkan dengan NPWP serta lampiran PPN, PBB and kepemilikan lokasi kantor.
  1. Mendaftar ke Pengadilan Negeri. Seluruh dokumen di atas kemudian didaftarkan ke PN setempat
  1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Diajukan ke Dinas Perdagangan setempat dengan melampirkan surat izin gangguan and pas foto pemilik usaha.
  1. Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Didaftarkan juga ke Dinas Perdagangan setempat dengan berkas-berkas tersebut di atas.

 

Keuntungan Mendirikan CV

Jika Anda masih belum memutuskan untuk membuat CV, ketahui beberapa keuntungan yang didapatkan dengan membuat badan usaha kecil ini dibandingkan dengan PT. Berikut adalah kemudahan yang didapatkan dengan mendirikan CV:

1. Biaya lebih murah

Karena skalanya yang lebih kecil, biaya yang dikeluarkan oleh pengusaha lebih sedikit ketika akan mendirikan CV. Selain itu, tidak ada modal minimal yang diharuskan dalam pendirian CV. Karena itulah bentuk usaha ini cocok bagi Anda yang baru akan memulai bisnis.

2. Proses lebih mudah

Pendirian CV hanya perlu didaftarkan ke Kantor Dagang setempat, hal ini berbeda dengan PT yang pengurusan izinnya harus ke Kementriaan Hukum. Jika semua berkas terpenuhi, hanya dibutuhkan sekitar 5-7 hari kerja hingga izin didapatkan.

3. Nama perusahaan yang lebih pas

Dalam pendirian CV, Anda bisa memilih nama apa saja yang sesuai dengan bisnis Anda. Tidak perlu khawatir pengajuan nama CV Anda akan ditolak karena sudah ada perusahaan lain yang menggunakannya. Hal ini berbeda dengan PT yang mengharuskan nama yang diajukan masih orisinal.

4. Pengambilan keputusan lebih sederhana

Badan usaha berupa CV bisa melakukan pengambilan keputusan langsung tanpa rapat pengurus. Pemilik bisa langsung melakukan sesuatu terhadap bisnisnya tanpa diharuskan adanya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebagaimana PT.

5. Pajak lebih kecil

Karena sifatnya yang merupakan badan usaha tanpa badan hukum maka CV hanya dikenakan pajak sekali saat akhir tahun. Pajak tersebut dikenal sebagai pajak perusahaan atas laba akhir tahun. Sedangkan laba yang diterima pemilik CV tidak dikenakan pajak maupun masuk dalam objek PPh.

 

Berapa Biaya nya?

Karena sifatnya yang lokal, biaya pendirian CV bisa berbeda-beda untuk setiap daerah. Namun, secara umum, biaya yang dibutuhkan berkisar Rp5 juta hingga akhir prosesnya. Jumlah yang relatif kecil apabila dibandingkan dengan keuntungannya.

Sebagai bahan pertimbangan, bentuk CV ini paling cocok bagi jenis usaha seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan omzet yang masih di bawah Rp2miliar per tahun. Jika sudah diputuskan, segeralah lakukan pendirian CV Anda secepatnya.