Kumpulan Waralaba (Franchise) Jasa Terbaru 20202020-02-17T05:14:47+00:00
Loading...


3 Rekomendasi Waralaba Jasa Paling Laris 2019

Anda sedang mencari informasi ide bisnis waralaba yang popular belakangan ini? Bagaimana jika mencoba waralaba jasa. Bisnis di bidang jasa memiliki usia yang cukup panjang dibanding dengan produk-produk kekinian yang trennya lumayan cepat berakhir. Apa saja rekomendasi waralaba jasa yang populer, nah simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Bisnis Waralaba Kurir

Bisnis waralaba jasa pertama yang paling direkomendasikan adalah kurir. Mengapa demikian? Anda bisa lihat bagaimana pesatnya perkembangan jual beli secara online. Banyaknya E-Commerce bermunculan dengan segala layanan yang diberikan membuat para konsumen memilih belanja secara online.

Para konsumen tinggal pilih produk, transfer uang, dan barang akan dikirim langsung depan rumah. Mudah sekali, bukan? Ditambah lagi layanan gratis ongkos kirim yang disediakan sejumlah e-commerce membuat konsumen semakin nyaman dan memilih untuk belanja online dan menggunakan jasa kurir untuk mengantarkannya.

Semakin banyak orang yang memilih jual beli secara online inilah membuat waralaba kurir memiliki prospek yang sangat baik terutama di Indonesia. Sebagian besar masyarakat modern lebih memilih belanja secara online daripada offline karena tidak punya cukup waktu atau malas berpanas-panasan untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Tingginya peluang dalam bidang jasa antar kirim inilah yang membuat sejumlah pebisnis melirik franchise kurir. Selain itu, harga waralabanya juga cukup terjangkau dengan regulasi yang tidak ribet dan mudah untuk dijalani. Waralaba kurir bisa jadi alternatif terbaik untuk Anda yang ingin terjun dalam dunia waralaba jasa.

2. Waralaba Pendidikan dan Pelatihan

Waralaba jasa selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah dalam bidang Pendidikan dan Pelatihan. Sebagian besar orang tua mengupayakan pendidikan di luar pendidikan formal untuk anak-anaknya. Melalui bimbingan belajar atau pelatihan akademis, para orang tua ingin anak-anaknya mendapat pelajaran secara maksimal.

Para orang tua ingin mengoptimalkan perkembangan kemampuan kompetensi sang anak dengan mengikutsertakan ke sejumlah lembaga bimbingan belajar. Waralaba pada bidang pendidikan dan pelatihan ini memiliki prospek yang sangat baik karena terbukti bertahan dalam kondisi apapun. Setiap tahun selalu ada siswa baru yang masuk sekolah, peluang inilah yang membuat lembaga bimbingan belajar terus mendapat pasar.

Nah, apabila Anda tertarik membeli waralaba di bidang pendidikan dan pelatihan, Anda juga harus melakukan riset tentang franchisor yang Anda incar.

3. Waralaba Jasa Kebersihan

Waralaba yang ketiga adalah jasa kebersihan. Mengapa memilih jasa kebersihan sebagai waralaba jasa paling laris di tahun 2019? Belakangan ini layanan jasa kebersihan semakin laris manis karena banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan rumah karena kesibukan yang harus dijalani.

Hal tersebut tentu memberikan dampak positif untuk pemilik jasa kebersihan sehingga banyak pebisnis yang menggunakan kesempatan baik ini untuk mendirikan usaha jasa bersih-bersih. Apakah Anda tertarik?

Di Indonesia, telah tersedia beberapa perusahaan jasa kebersihan yang menawarkan waralaba. Untuk para pemula, waralaba adalah salah satu jalan terbaik memulai bisnis karena tidak harus melakukan riset pasar, atau membuat standar operasional kerja, dan sebagainya.

Ada dua jenis pasar yang disasar oleh jasa kebersihan, yaitu individu dan perusahaan di mana memiliki layanan yang berbeda. Untuk layanan individu, jasa kebersihan yang tersedia adalah membersihkan rumah, apartemen, atau ruko. Sedangkan cleaning service perusahaan adalah layanan untuk membersihkan kantor.

Jika Anda sudah menetapkan pasar mana yang akan diambil, selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah target pasar. Contohnya jika Anda menyediakan jasa layanan individu, Anda harus memikirkan target pasar seperti akan menyasar keluarga yang seperti apa? Semua kalangan atau menengah ke atas? Apakah Anda juga menyediakan layanan bersih-bersih kos, rumah kontrakan, dan sebagainya.

Tips Mencari Franchise Jasa

Bisnis waralaba atau franchise kini semakin banyak peminatnya karena tidak perlu membangun bisnis dari nol terutama bidang jasa. Perencanaan dan konsep usaha yang jelas membuat sektor franchise ini banyak dilirik para pebisnis pemula.

Namun, Anda jangan berpikir jika franchise tidak akan mengalami resiko kerugian. Pada dasarnya membangun sebuah bisnis tentu ada resiko kerugian baik sendiri maupun franchise. Namun, kerugian dapat diminimalisir dengan beberapa tips memperoleh franchise jasa berikut ini.

1. Memilih Jasa yang Disukai

Poin pertama yang harus diketahui adalah carilah franchise jasa yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman menjalani bisnis serta tidak merasa kesulitan karena telah memiliki keahlian dalam hal tersebut. Meskipun anda memilih usaha waralaba, namun anda juga dituntut untuk mengetahuinya, dengan menyukai terlebih dahulu anda akan lebih senang untuk belajar.

2. Memilih yang Banyak Peminat

Selain kegemaran dan keahlian, Anda juga harus tahu keinginan pasar karena akan berdampak signifikan pada bisnis yang akan Anda jalani. Sejumlah usaha jasa yang cukup menjanjikan bisa Anda pertimbangkan seperti jasa pengiriman (kurir), bimbingan belajar, atau kebersihan.

Jasa antar jemput barang belakangan ini menjadi salah satu jasa yang paling sering digunakan karena berbanding lurus dengan pesatnya perkembangan jual beli online. Anda bisa pertimbangkan waralaba beberapa perusahaan kurir dengan reputasi terbaik.

Jika Anda ingin mengambil waralaba jasa yang sedang populer. pertimbangkanlah apakah produk tersebut dapat bertahan lama dan memiliki peluang yang bagus atau tidak.

3. Cek Latar Belakang Franchise

Hal selanjutnya yang perlu Anda periksa dengan baik adalah reputasi perusahaan franchise. Jangan terlalu memaksakan meskipun Anda menyukai produknya namun reputasi perusahaan tersebut jelek. Lakukan riset ke para customer yang telah menggunakan usaha franchise dari perusahaan tersebut atau Anda dapat bertanya secara langsung ke pemilik franchise.

Anda akan memiliki hubungan dengan perusahaan franchise selama perjanjian kerja sama sehingga perlu memilih reputasi perusahaan dengan teliti.

4. Memahami Data Proyeksi Keuangan

Ini adalah salah satu poin penting sebelum Anda menyetujui kerja sama bisnis franchise jasa dengan sebuah perusahaan. Anda harus memeriksa dokumen dari perusahaan franchise tentang proyeksi keuangan. Dokumen proyeksi keuangan yang disediakan franchisor berupa harga jual produk, margin keuntungan, dan volume penjualan setiap hari sampai setiap bulan.

Jika perlu, sediakan waktu untuk melihat kondisi lapangan gerai franchise yang Anda minati.

5. Sesuaikan dengan Modal

Sebelum memutuskan mengambil bisnis franchise yang Anda minati, pastikan berapa budget modal yang Anda punya. Jika Anda secara random memilih bisnis namun modal tidak sesuai maka Anda akan kesulitan sendiri nantinya jika ada kebutuhan mendesak.

Sebenarnya beberapa perusahaan juga menawarkan kredit untuk bisnis franchise namun bunga pinjamannya juga tidak sedikit. Anda tentu tidak ingin hidup dikejar-kejar utang, bukan? Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Jika masih kurang cukup sebaiknya Anda bekerja dan menabung dahulu hingga modal terkumpul.

6. Mencari Lokasi yang Strategis

Lokasi adalah hal paling penting dalam mengenalkan produk dan mengembalikan modal. Pilih lokasi paling strategis di mana produk jasa Anda akan memiliki banyak peminat. Pastikan lokasi dimana Anda akan membuka gerai dekat dengan pusat keramaian sehingga dapat dengan mudah ditemukan para konsumen.

Selain itu, sebaiknya Anda melakukan survei lokasi untuk memastikan tidak banyak bisnis serupa yang ada di sana. Semakin sedikit pesaing, maka semakin besar peluang konsumen yang akan datang ke gerai Anda.

Usaha franchise jasa dapat menjadi pilihan memulai bisnis untuk Anda yang memiliki modal tidak banyak dan belum dapat memastikan produk yang akan dijual. Semoga tips mencari franchise jasa di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin terjun dalam bisnis ini. Good luck!