Waralaba atau biasa disebut sebagai franchise merupakan sistem pengelolaan bisnis yang sedang sangat booming di Indonesia. Banyak bisnis populer dan berkembang yang memutuskan untuk mewaralabakan bisnis mereka karena manfaat waralaba sendiri sangat banyak untuk penerima, begitu juga dengan pemberi.

Selain mendatangkan banyak manfaat bagi pemilik bisnis, sistem pengelolaan waralaba juga bermanfaat bagi pelaku usaha baru. Setidaknya dengan sistem waralaba mereka tidak perlu repot untuk mencari nama brand dan melakukan promosi besar-besaran.

 

5 Manfaat Waralaba atau Franchise Bagi Penerima

Manfaat waralaba bukan sekedar itu saja, masih banyak manfaat yang akan diperoleh baik bagi pihak pertama yang memiliki bisnis maupun pihak kedua yang menjalankan bisnis. Berikut ini sejumlah manfaatnya:

 

1. Sistem Operasi yang Sangat Efektif

Ada banyak hal yang perlu dipelajari oleh seseorang bila tertarik untuk menjalankan suatu bisnis, salah satunya sistem operasional. Percuma memiliki jaringan bisnis yang kuat, bila sistem operasinya tidak dikelola dengan baik.

Sayangnya, membangun sistem operasional bisnis bukan termasuk pekerjaan mudah. Anda perlu melakukan berbagai prosedur termasuk mengumpulkan informasi, merancang alur kerja bahkan membentuk tatanan administrasi.

Perusahaan waralaba benar-benar mengaplikasikan sistem operasional terbaik dan efektif. Tidak heran jika seluruh franchise yang dibuka mampu memaksimalkan kinerja organisasinya.

 

2. Memperoleh Dukungan Penuh Dari Manajemen

Jaminan sukses menjalankan bisnis waralaba didukung oleh peran manajemen yang baik, ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Masing-masing perusahaan waralaba biasanya mempekerjakan staf manajemen yang handal yang benar-benar memiliki kemampuan untuk mengatasi semua masalah, terutama yang berhubungan dengan sistem operasional.

Dengan dukungan penuh dari manajemen, masalah yang dihadapi bisa segera diselesaikan dengan baik. Proses penyelesain masalah juga efektif untuk mendewasakan pewaralaba agar mampu mendalami bisnis waralaba dengan lebih baik dan profesional.

 

3. Jaringan Bisnis yang Luas dan Terjamin

Bagaimana pelaku usaha tidak tertarik jika jaminannya adalah jaringan bisnis yang solid dan luas. Buktinya banyak sekali, sebut saja Indomaret dan Kebab Baba Rafi. Keduanya adalah perusahaan waralaba yang berhasil mendirikan outlet di mana-mana.

Outlet yang dibangun pun bukan sepenuhnya miliki perusahaan, melainkan juga dimiliki oleh terwaralaba. Saat jaringan bisnis yang luas dan terjamin, Anda tidak perlu khawatir bisnis akan sepi pengunjung bahkan mengalami gulung tikar.

Jika pun bisnis tidak berjalan dengan baik, pihak waralaba akan segera mengambil tindakan perbaikan atau koreksi. Hingga bisnis yang Anda jalankan benar-benar memberikan omzet yang bagus dan menguntungkan untuk kedua belah pihak.

 

4. Brand Awereness Jauh Lebih Tinggi

Siapa yang tidak mengenal perusahaan waralaba asing terpopuler seperti KFC. Mau di kota mana pun, perusahaan waralaba ini sangat populer dan pelanggannya sangat banyak. Bisa dibilang jika nama brand memberikan pengaruh yang sangat besar.

Selain KFC, ada banyak brand waralaba terpopuler baik asal Indonesia maupun luar negeri. Sebut saja J.CO Donuts, Pecel Lele Lela atau bahkan Bambu Desa. Mereka berhasil mempopulerkan brand mereka di mata konsumen.

Hal ini yang kemudian dijual oleh perusahaan waralaba pada terwaralaba. Mereka menjual nama brand dan kualitas produk pada terwaralaba dengan harapan pelaku bisnis pemula bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah dan terjamin. Setidaknya meski baru berjalan selama seminggu atau sehari, pelanggan bisnis waralaba sudah menjamur.

 

5. Sumber Penghasilan Baru Bagi Pewaralaba dan Terwaralaba

Manfaat utama menjalankan waralaba tentu saja keuntungan. Sistem waralaba memberikan penghasilan baru bagi pewaralaba dari fee, biaya pelatihan hingga royalty.

Sementara untuk terwaralaba, mereka bisa mendapatkan keuntungan dari omzet penjualan setiap bulannya. Mengingat omzet penjualan tiap-tiap perusahaan waralaba sangat besar mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Itu tergantung jenis waralaba yang Anda pilih.

Demikianlah lima manfaat waralaba atau franchise bagi terwaralaba (pihak yang menerima waralaba). Anda yang sedang berburu perusahaan waralaba, wajib mengetahui informasi menarik ini sebelum benar-benar membuka jaringan waralaba.