Tertarik untuk mulai berbisnis tapi bingung mau usaha apa? Tenang, hal ini adalah pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh calon pebisnis dan memang sudah sepatutnya Anda pikirkan baik-baik. Karena menentukan apa yang akan Anda jual adalah tahap awal yang sangat krusial.

Ada berbagai  bidang usaha yang dapat Anda eksplorasi, misalnya saja jasa, sewa, dll. Namun bidang usaha yang biasanya langsung terpikir di benak adalah dagang, ya tidak?

Usaha dagang adalah jenis usaha di mana Anda membeli barang dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu pemilihan produk merupakan kunci kesuksesan yang tidak boleh Anda sepelekan.

7 Contoh Usaha Perdagangan Prospek Bagus

Ada banyak sekali lini usaha dibidang perdagangan yang patut Anda coba dan eksplorasi. Sebagai inspirasi, simaklah tujuh contoh usaha perdagangan berikut!

1. Usaha Kuliner

Contoh usaha perdagangan pertama yang patut Anda coba adalah usaha di bidang kuliner. Alasannya? Karena usaha kuliner tidak akan pernah mati.

Selama manusia masih butuh makan dan minum, usaha kuliner akan terus berjaya. Apa lagi di zaman sekarang ketika membeli makanan dan minuman dari luar sudah lebih umum dari pada memasak sendiri di rumah.

Ditambah lagi kemudahan jasa pengantaran yang ditawarkan oleh berbagai bisnis kurir dengan segala promonya. Potensi usaha kuliner bisa di bilang sedang berada di atas awan.

2. Usaha Franchise

Bila Anda adalah seorang pebisnis pemula, usaha waralaba atau franchise bisa jadi adalah jenis usaha dagang yang cocok untuk Anda.  

Alasan utamanya adalah karena Anda tidak perlu lagi repot-repot memikirkan model bisnis dan mempersiapkan peralatan dagang, sehingga perencanaan dan pelaksanaannya akan lebih cepat dan mudah.

Selain itu Anda juga akan mendapatkan bimbingan dan dukungan dari pemilik franchise, serta benefit karena brand franchise relatif sudah diketahui oleh masyarakat.

3. Usaha Jasa Titip

Anda hobi jalan-jalan? Atau Anda adalah tipe orang yang suka berburu promo? Kalau ya, Anda bisa lho memanfaatkan hobi ini untuk menjalankan usaha jasa titip!

Jasa titip adalah jenis usaha yang relatif mudah untuk dijalankan karena Anda tidak membutuhkan banyak modal. Usaha ini juga bisa jadi sangat menguntungkan bila produk yang Anda tawarkan sangat sulit didapatkan oleh orang lain, entah itu karena faktor jarak, eksklusifitas, atau alasan-alasan lainnya.

4. Usaha Kreatif

Contoh usaha perdagangan lainnya yang patut Anda eksplorasi adalah usaha di bidang kreatif. Menjual barang yang mirip, apa lagi sama persis dengan banyak pedagang lain memang cukup beresiko, karena persaingan harga sudah pasti tidak dapat dihindari.

Oleh sebab itu beberapa pebisnis lebih memilih untuk mejual produk yang unik – terutama bila Anda adalah tipe orang yang kreatif. Bagaimanapun kreativitas adalah nilai tambah yang tidak hanya dapat membuat produk Anda lebih menonjol, namun juga dapat menaikkan nilai jual.

5. Usaha Sembako

Sebaliknya bila Anda adalah tipe orang yang lebih suka dengan kepastian, usaha dagang sembako bisa menjadi pilihan.

Sama halnya dengan usaha kuliner, usaha sembako tidak akan pernah mati karena barang yang diperjual belikan adalah kebutuhan sehari-hari yang mendasar. Tinggal bagaimana strateginya agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan melalui model bisnis yang sudah sangat umum ini.

6. Usaha Busana & Kosmetik

Anda juga bisa memulai usaha dagang di bidang busana dan kosmetik. Saat ini busana bukan lagi merupakan kebutuhan, namun telah menjadi gaya hidup. Sebaliknya, kosmetik tidak lagi sekedar menjadi bagian dari gaya hidup, namun telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Karenanya busana dan kosmetik merupakan bidang usaha dagang lain yang tidak kalah potensial.

7. Usaha Gadget

Terahir, setuju tidak kalau gadget sudah seperti kebutuhan utama di zaman sekarang?

Pasarnya terus membesar seiring berjalannya waktu. Tidak sedikit orang yang menganggap memiliki gadget terbaru adalah sebagai suatu kewajiban. Oleh sebab itu kenapa tidak manfaatkan ‘kebutuhan’ ini sebagai peluang Anda?