Siapa yang tidak tahu KFC? Restoran cepat saji yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tempat makan dengan menu andalan ayam goreng ini sangat digemari berbagai kalangan, baik untuk berkumpul bersama keluarga maupun bersama rekan kerja, maka tak heran jika banyak orang tertarik untuk mengikuti progran kerjasama waralaba atau franchise KFC.

Memiliki restoran KFC sendiri sangat mungkin dilakukan karena KFC membuka peluang kerjasama. Namun, kerjasama yang sediakan bukanlah dalam format waralaba atau franchise, melainkan sebagai mitra kerja untuk gerai KFC. Sedangkan oprasional tetap dikendalikan dibawah KFC.

 

Ketentuan dan Syarat Kerjasama

Tetapi untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan :

Lokasi

  • KFC Freestanding : Ukuran tempat minimal 1.500 – 2.500 meter persegi, dengan lebar bagian depan 30 meter. Terletak di jalan utama (jalan raya)
  • KFC Ruko (Inline) : Ukuran tempat minimal luas 300 meter persegi, dengan lebar bagian depan minimal 15 meter.
  • Status lokasi milik pribadi
  • Tersedia bangunan, IMB dan fasilitas pendukung lainnya

 

Persyaratan Administrasi

  • Peta lokasi dalam radius 5 kilometer, dilengkapi dengan keterangan ada bisnis apa saja dalam radius tersebut, misalnya supermarket, perumahan, bank, dll
  • Layout tanah atau bangunan. Jika berbentuk tanah cantumkan panjang dan lebarnya sesuai dengan yang tertera di sertifikat tanah. Jika berbentuk bangunan cantumkan ukuran panjang dan lebar bangunan derta denah bangunan perlantai. Jika masih berupa tanah kosong, sertakan GSB (Garis Sepadan Bangunan), GSP (Garis sepadan Pagar), KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KLB (Koefisien Lantai Bangunan)
  • Foto lokasi mencakup bagian depan, kanan, kiri, jalan di depan lokasi dari arah kanan dan kiri
  • Fotokopi sertifikat kepemilikan tanah dan bukti pembayaran PBB
  • Data diri berupa nama, alamat, nomor telepon dan email.

Berkas persyaratan administrasi umum yang dijabarkan diatas, dalam bentuk data, anda bisa menscan semua persyaratan yang dibutuhkan dan dikirimkan kepada Fitriawati Budijono di alamat email fitriwati@ffi.co.id dan kepada Yulius Agung di alamat email yulius.agung@ffi.ci.id.

Alamat Kantor

Sedangkan untuk file fisik dokumen di atas bisa dikirimkan ke alamat :

Market Development Department

Fastfood Indonesia, Tbk

Gedung Gelael Lt. 2, Jalan MT Haryono Kav. 7, Jakarta Selatan 12810

Nomor Telepon (021) 830 1133 ext 217 – 219

Fax (021) 835 4500

Ada banyak yang menanyakan terkait modal awal kfc ataupun biayanya, dari informasi yang kami dapat, tidak ada persyaratan khusus yang menyebutkan ini, dan mungkin saja modal yang dibutujkan hanya berupa tanah untuk dibangun gerai tersebut. Agar lebih jelas, silahkan hubungi cutumer support KFC diatas.

Kesimpulan

Jika dilihat secara sekilas memang syarat  waralaba KFC banyak dan merepotkan, tetapi jika diamati lebih lanjut berkas yang dipersiapkan tidak sampai 10 berkas. Selain itu perjuangan menyiapkan berkas ini akan terbayar ketika outlet KFC sudah beroperasi. Outlet KFC tidak akan pernah sepi pengunjung, dan keuntungan yang datang juga semakin besar. Merek dagang KFC sudah dikenal di seluruh Indonesia, ini adalah salah satu merek makanan populer sehingga tidak sulit untuk mendatangkan konsumen.

Dengan menjadi mitra bisnis KFC, tidak perlu khawatir terkait produk yang dijual karena sudah ada standar dan SOP yang jelas. Cita rasa ayam gorengnyanya yang khas, berbagai pilihan menu makanan modern dengan harga yang cukup terjangkau, membuat KFC digemari banyak kalangan. Terlebih KFC yang memberikan layanan buka 24 jam menjadi tempat tujuan pasti bagi muda-mudi yang ingin nongkrong semalaman.

Sehingga pemilik tidak perlu berfikir pusing memikirkan inovasi resep dan layanan karena tim dari PT Fastfood Indonesia yang bekerja keras untuk ini. Pemilik tinggal menjalankan operasional outlet dan memberikan kepuasan layanan pelanggan yang datang.